Kisah Lomby dan Putri Loana

Alkisah di sebuah negeri yang elok dan permai hiduplah seorang Raja dengan 2 orang putrinya yang cantik jelita. Putri tertuanya bernama Loana dan putrinya yang bungsu bernama Carla. Raja dan dua putri serta Permaisuri hidup dalam damai. Rakyat pun hidup dengan makmur, karena Raja memerintah dengan sangat adil dan bijaksana.

Di negeri yang indah itu, hidup juga Lomby dan ibunya. Lomby adalah anak dari Ibu Conti, seorang pencari kayu bakar. Mereka hanya hidup berdua karena Pak Torla ayah Lomby telah meninggal dua tahun yang lalu. Selama ini Lomby sangat senang tinggal di desa pinggir hutan, ia biasa membantu Ibunya mencari kayu ke hutan. Ia adalah anak yang sangat berbakti.

Namun seiring bertambah umurnya, kini ia telah menjelma menjadi seorang pemuda yang gagah. Ototnya telah terbentuk berkat sering mengangkut kayu-kayu yang didapat Ibunya. Dan seperti pemuda lainnya, Lomby tidak lepas juga dari rasa cinta. Sejak pertama, ia sangat tertarik pada Putri Loana, walaupun belum pernah bertemu secara langsung. Namun, dari cerita yang didengarnya, Putri Loana adalah wanita lembut yang akan menjadi impian setiap laki-laki.

Namun, ia merasa tersiksa juga mencinta sendiri. Karena tidak tahan lagi, ia ceritakan semua pada Ibunya

“Tidak ada yang salah dengan rasa cintamu Nak, cuma yang salah pada siapa kau jatuh cinta, ibarat pungguk merindukan bulan. Tapi jangan sesali semuanya, jodoh ada di tangan Tuhan”ujar bu Conti bijaksana

Lomby merasa lega, ia akan tetap mencintai putri Loana. Dihirupnya kopi panas yang dihidangkan Bu Conti, dan dengan lahap dimakannya goreng ubi panas yang baru saja di masak bu Conti selepas pulang dari mencari kayu bakar tadi.

Bu Conti memandang anaknya dengan sedih. Mengapa harus putri Loana yang dicintai oleh Lomby”pikirnya.

q

Ketika Lomby sedang memikul kayu bakar yang hendak diantarnya ke rumah. Di tengah jalan ia berpas-pasan dengan Dolid, sahabatnya. Ia melihat Dolid sangat gembira dan bernyayi riang, dengan rasa penasaran Lomby menghampiri Dolid

“Kenapa kamu Lid, kok kayaknya senang sekali”

“Hari ini, seluruh rakyat sedang bersenang Lomby. Putri Loana akan menikah dengan pangeran Davirda dari negeri seberang. Itu artinya kita akan pesta besar dan seluruh rakyat di undang oleh Raja ke istana” ujar Dolid dengan riang sambil berlari

Lomby termangu, sesuatu terasa menusuk hatinya. Ia kecewa, rasa cintanya pada putri Loana pupus sudah. Dengan langkah berat dan hati yang tidak karuan. Ia langkahkan juga kakinya menuju gubuk reyot tempat ia dan Bu Conti tinggal. Sungguh malang nasibku, putri yang ku impikan akan menikah dengan orang lain. Lomby patah hati, ternyata patah hati sungguh menyakitkan.

Setibanya di rumah, Lomby bergegas meletakkan kayu bakar pada tempat yang telah dibuatkan Bu Conti, setelah itu segera ia pergi ke dalam kamarnya. Mencoba melerai hatinya.

“Jangan sedih, Lomby. Semua sudah ada yang mengatur, kita hanya menjalankannya. Mungkin Tuhan telah memilihkan jodoh yang terbaik untukmu” ujar Bu Conti berusaha menghibur Lomby.

“Iya Bu, yang pasti jodohku bukan Putri Loana”ujar Lomby pahit.

q

Pernikahan putri Loana dan Pangeran Davirda diadakan secara megah dan meriah. Kesenian-kesenian terbaik diseluruh negeri dipertontonkan. Penari-penari terbaik dihadirkan. Raja inginkan semuanya berjalan sempurna. Rakyat diundang dan dijamu secara besar-besaran. Raja meminta rakyat mendoakan kelanggengan rumah tangga putri Loana. Semua melebur dalam suka.

Diantara wajah-wajah yang hadir hanya wajah Lomby yang terlihat kusut masai. Ia mencicipi makanan dengan tidak berselera dan ia menikmati hiburan dengan malas. Setelah capek melihat-lihat, ia putuskan untuk kembali kerumah, dengan wajah menunduk lesuh. Ia berjalan di tengah kerumunan rakyat lainnya. Dan tiba-tiba…

“Aww,,” sebuah suara mengejutkan Lomby, ia tersadar bahwa ia telah menabrak seseorang, dengan segera dilihatnya sumber suara. seorang gadis nampak bersusah payah untuk berdiri.

Lomby mengulurkan tangan

“Maaf”ujarnya

Gadis itu menyambut uluran tangan Lomby. Lomby terkesiap ia merasakan debar di dadanya. Namun ia berusaha bersikap biasa, dibantunya cewek itu berdiri.

“Maaf aku tidak sengaja, namamu siapa”Tanya Lomby

“Tidak apa-apa, namaku Karina dari desa sebelah”ujar gadis yang punya senyum menawan dan rambut panjang terurai itu.

Demikianlah sejak saat itu Lomby telah memiliki seorang kekasih dan kelak akan menjadi istrinya. Seorang wanita yang baik hati dan cantik. Bukan anak seorang Raja memang. Tapi Lomby mencintai Karina. Dan Lomby dapat menarik sebuah pelajaran berarti. Ada baiknya kita mampu mengukur bayang-bayang diri, agar kelak tidak kecewa.

* diterbitkan di pmails padang ekspress

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etalase cinta Muni dan Ibu

Just friend

kerinduan pada damai