Kajian Stilistika Tetralogi Laskar Pelangi (Laskar Pelangi, Sang Pemimpi,Edensor, dan Maryamah Karpov) Karya Andrea Hirata





ABSTRAK
Skripsi. Fakultas Sastra Universitas Andalas. Padang. 2010. Pembimbing: 1. Dra. Armini Arbain, M. Hum.  2. Leni Syafyahya, S.S, M. Hum.

Penelitian  ini  dilatarbelakangi   oleh  realitas  bahwa  tetralogi  Laskar  Pelangi  (Laskar Pelangi,  Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov) memiliki keunggulan stilistika. Tetralogi ini kaya akan diksi dan gaya bahasa yang bervariasi. Permasalahan penelitian adalah untuk mendeskripsikan diksi, gaya bahasa, dan pencitraan, serta hubungan penggunaan bahasa dengan latar sosiohistoris pengarang dalam tetralogi Laskar Pelangi.
Penelitian   ini   menggunakan   metode   kualitatif-deskriptif.   Langkah   kerja   yang   dilakukan   dengan mengidentifikasi  penggunaan  diksi,  gaya bahasa,  dan pencitraan  yang ada dalam  tetralogi  Laskar  Pelangi  dan melihat penggunaan diksi, gaya bahasa, dan pencitraan yang dominan digunakan oleh pengarang. Setelah itu, akan dilihat hubungan penggunaan diksi, gaya bahasa, dan pencitraan dengan latar sosio-historis pengarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diksi, gaya bahasa, dan pencitraan dalam tetralogi Laskar Pelangi memiliki keunikan dan kekhasan. Keunikan dan kekhasan itu dapat di lihat dari penggunaan diksi, gaya bahasa, dan pencitraan yang menggunakan bahasa daerah, bahasa ilmiah dan bahasa asing yang membuktikan kompetensi pengarang dalam pemberdayaan  bahasa. Begitu juga dengan penggunaan gaya bahasa dalam tetralogi ini sangat bervariasi, Hirata cenderung menggunakan  gaya bahasa simile, personifikasi,  metafora, asidenton dan hiperbola; sedangkan   pencitraan   yang   cenderung   digunakan   adalah   citraan   gerak,   pendengaran,   penglihatan   dan intelektualitas. Dari segi latar sosio-historis pengarang dapat di lihat hubungan penggunaan diksi, gaya bahasa, dan pencitraan sebagai berikut : Hirata adalah pengarang  yang berasal dari Pulau Bangka Belitung,  yang mencintai budaya Melayu-Belitong, memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang ekonomi, fisika, astronomi, matematika, sejarah dan sastra.

Skripsi ini telah diuji dan dinyatakan lulus pada 19 Mei 2010

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etalase cinta Muni dan Ibu

Just friend

kerinduan pada damai